ALUN-ALUN PAAMPROKAN, PANGANDARAN

Posted by Admin Pemkab | 2022-07-05 07:33:02 | 2783 kali dibaca

Image

by Admin Pemkab 2022-07-05 07:33:02 Berita Daerah

Jika kita berbicara tentang Kabupaten Pangandaran, maka yang terpikir dalam benak kita tentunya tidak akan jauh dari hal - hal yang berbau tempat wisata dan wilayah pantainya. Ya, memang betul bahwa sampai saat ini pantai merupakan daya tarik utama dari Kabupaten Pangandaran meskipun sekarang sudah mulai bermunculan beberapa area wisata air tawar dan beberapa tempat wisata lainnya.

 

Salah satu tempat wisata selain pantai yang cukup ramah untuk anak adalah Alun - alun Paamprokan yang terletak di Desa Wonoharjo, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran. Jaraknya cukup dekat dengan Susi International Beach Strip dan Pantai Pangandaran itu sendiri. Lokasi Alun - alun Paamprokan dapat diakses melalui Google Maps berikut:

Klik pada gambar untuk mengatahui lokasi

 

 

Area yang luas merupakan salah satu media tumbuh dan berkembang bagi anak yang cukup sulit untuk kita temukan belakangan ini. Mengingat bahwa semakin banyaknya pembangunan - pembangunan gedung yang tentunya banyak menyita lahan - lahan yang mungkin seharusnya bisa menjadi lahan bermain untuk si buah hati. Memberikan kebebasan bermain di luar ruangan dapat memberikan manfaat bagi anak diantaranya adalah sebagai berikut :

 

1. Memberi mereka kesempatan mempelajari hal - hal baru.

Dari apa yang mereka temui, mereka bisa berkesempatan untuk mempelajari pola - pola dalam kehidupan mulai dari identifikasi masalah hingga sampai penyelesaian masalahnya.

 

2. Membantu perkembangan otot anak

Pergerakan anak yang aktif tentunya akan sangat membantu otot - otot untuk berkembang menjadi lebih kuat.

 

3. Memperoleh keterampilan sosial

Interaksi yang dilakukan oleh anak dengan sesama membuat dia menjadi terlatih untuk bersosial dengan lingkungan sekitarnya.

 

4. Memperkuat keterampilan motorik

Aktivitas yang dilakukan anak dapat melatih koordinasi syaraf motorik sehingga anak bisa tumbuh menjadi lebih lincah dan cekatan.

 

5. Mencintai alam

Bermain di luar ruangan dapat menjadi media pengenalan anak terhadap alam sekitarnya.

 

6. Mendapat cahaya matahari yang cukup

Cahaya matahari dapat membantu penyerapan vitamin D yang dapat membantu pertumbuhan tulang pada anak.

 

Intinya, bermain di luar ruangan seperti ini dapat membantu perkembangan fisik dan mental anak secara signifikan. Dan tentu saja semua itu tetap harus dilakukan dalam pengawasan orang tua.

 

 

Alun - alun Paamprokan menawarkan tempat yang cukup luas sebagai tempat transit di kala para wisatawan sedang bertamasya di sekitaran area Pangandaran. Tempat ini memiliki beberapa  bangunan yang cukup nyaman untuk keluarga. Tempat ini memliki lapangan yang cukup luas yang berada di tengah - tengah area ini. Biasanya tempat ini digunakan apabila ada kegiatan/ acara tertentu. Di sebelah selatan lapangan, terdapat fasilitas bermain anak-anak seperti perosotan dan ayunan. Di sini Ayah & Bunda bisa sambil mengajak bermain supaya anak tidak bosan. Di sudut tenggara dalam lapangan tersebut terdapat fasilitas - fasilitas kebugaran yang boleh digunakan secara umum.

 

Di sebelah tenggara lapangan terdapat sebuah gedung semacam menara. Dari gedung itu kita bisa melihat sekeliling area dan mengabadikan momen dengan latar belakang yang cukup menarik. Apabila wisatawan hendak beristirahat sejenak dan mencari tempat berteduh untuk memakan bekal makan siang yang dibawa, mereka dapat menggunakan bangunan yang terletak di sebelah timur lapangan. Pertanyaan atau laporan dari wisatawan dapat disampaikan melalui gedung Information Centre yang terletak di sebelah utara lapangan. Dan yang tidak kalah pentinganya, area seluas ini dikelilingi oleh rumput - rumput yang hijau sehingga dapat menyegarkan mata para wisatawan yang berkunjung.

 

Dan satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya, akses untuk masuk ke area ini tidak membutuhkan biaya sepeser pun. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo mampir ke Alun - alun Paamprokan :)