BKKBN Ajak Masyarakat Turunkan Angka Stunting

Posted by Admin Web | 2022-05-12 18:00:18 | 121 kali dibaca

Image

by Admin Web 2022-05-12 18:00:18 Berita Daerah

Pangandaran - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyelenggarakan Apel Siaga dengan tema Tim Pendamping Keluarga (TPK) Bergerak, secara serentak di seluruh Kabupaten/Kota, Kamis (12/05/2022). 

Berpusat di Alun-alun Kabupaten Subang Jawa Barat, kegiatan tersebut dilakukan secara hybrid, dimana peserta dari Kabupaten/Kota lain mengikuti secara virtual, termasuk Kabupaten Pangandaran yang berlangsung di Gedung Bappeda Kabupaten Pangandaran. 

Acara tersebut diikuti oleh Kepala Dinas KBP3A Kab. Pangandaran Drs. Heri Gustari, M.Si., Kepala Bappeda H. Muhamad Agus Satriadi, S.Pt., MP., Tim Pendamping Keluarga (TPK), pelaksana dan anggota Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Pangandaran. 

Apel ini bertujuan untuk meningkatkan pelaksanaan pendampingan bagi calon pengantin, ibu hamil, ibu pasca salin, dan baduta oleh Tim Pendamping Keluarga (TPK) sebagai upaya percepatan penurunan angka stunting. 

Diketahui stunting merupakan kondisi gagal tumbuh akibat kekurangan gizi yang berefek jangka panjang hingga anak dewasa dan lanjut usia. 

Maka dari itu Kepala BKKBN, dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) mengajak masyarakat untuk memperjuangkan anak sejak dalam kandungan, hingga seribu hari kehidupan pertama dengan kata lain umur 2 tahun. 

"Ada 3 penyebab stunting, yaitu gizinya kurang bagus, sering sakit-sakitan, dan pengasuhannya tidak baik. Anak itu harus dibahagiakan, jangan sampai stress. Kemudian 3 akibat stunting, satu yaitu pendek tapi pendek belum tentu stunting, intelektualnya kurang, dan mudah sakit-sakitan," ujarnya. 

Ia pun melanjutkan, orang yang stunting saat dewasanya rentan terkena penyakit seperti darah tinggi, stroke, dan kencing manis. 

Melalui kegiatan ini diharapkan seluruh tim pendamping se-Indonesia termasuk Kabupaten Pangandaran mampu bergerak untuk mempercepat penurunan angka stunting di Indonesia.

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan
Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran